Dua Pemuda Asal TTS Serahkan Buku Kepada Gubernur NTT

oleh -30 Dilihat

KUPANG,HRC- Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat menerima dua buku karya anak NTT asal Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Dua buah buku itu diserahkan langsung para penulis saat melakukan audiensi di ruang kerja Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Selasa, (15/8/2023) siang.

Buku pertama yang diterima Gubernur Viktor berjudul “Sisi Lain VBL” karya Sam Harly Babys yang merupakan ASN di Biro Umum Setda Provinsi NTT.

Sedangkan, buku kedua yang turut diterima oleh Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat adalah karya Wartawan Surat Kabar Victory News, Kekson Salukh dengan judul “Inspirasi di Balik Berita”.

Menariknya, dua buku yang diterima Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat itu memiliki International Standar Book Number (ISBN) dari Perpustakaan Nasional atau Perpusnas.

Buku Sisi Lain VBL merupakan buku perdana Sam Harly Babys. Begitu juga dengan Buku Inspirasi di Balik Berita merupakan karya perdana Wartawan Victory News, Kekson Salukh.

Gubernur Viktor menyambut baik dua buah buku karya anak muda NTT itu. Gubernur Viktor senang lantaran anak muda NTT seperti Sam dan Kekson ikut berpartisipasi aktif dalam membangun sumber daya manusia (SDM) melalui budaya literasi.

Gubernur Viktor meminta dua anak putera asal Kabupaten TTS itu berkoordinasi dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT, Linus Lusi supaya mendistribusikan buku-buku itu ke SMA/SMK/SLB di NTT.

“Bagus, kalian bisa menulis seperti ini. Silahkan koordinasi dengan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan NTT untuk kasih masuk di sekolah-sekolah, ” ujar Gubernur Viktor.

Gubernur Viktor menambahkan, tanpa buku sejarah membisu, sastra terdiam, ilmu lumpuh, dan pemikiran terhenti. Kualitas suatu peradaban bergantung pada kualitas menulis dan membaca masyarakatnya.

“Hari ini saya menerima buah karya tulisan Sam Harly Babys yang dituangkan dalam buku berjudul Sisi lain VBL. Teruslah menulis sebagai contoh yang baik untuk generasi muda, ” pungkas Gubernur Viktor.

Sam Babys menjelaskan, proses penulisan hingga penerbitan buku Sisi Lain VBL yang disunting Kekson  Salukh berlangsung kurang lebih empat bulan.

Menurut Sam Babys, buku itu mengulas kehidupan dan sisi lain dari Gubernur Viktor yang selama ini belum diketahui publik.

“Buku ini terdiri dari 15 Bab dengan total 105 halaman. Proses penulisan hingga penerbitan  buku ini berlangsung selama 4 bulan, ” ujar Sam.

Sam menuturkan, buku itu sebagai kado buat Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat yang sudah lima tahun memimpin NTT. 20 hari lagi Gubernur Viktor akan mengakhiri masa jabatan Periode Pertama.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Gubernur NTT yang sudah bersedia untuk saya tulis kisah hidupnya, dan saya ucapkan terimakasih juga kepada semua pihak yang terlibat aktif dalam proses penerbitan buku ini seperti Direktur Utama Bank NTT, Penjabat Wali Kota Kupang, dan Staf Khusus Gubernur NTT,” ujarnya.

Sementara itu, Kekson Salukh mengatakan, penerbitan buku Inspirasi di Balik Berita itu ia persembahkan bagi dua pimpinan Victory News yang sebentar lagi akan mengakhiri masa jabatan mereka sebagai Gubernur NTT, dan Wakil Ketua DPRD NTT.

“Buku ini saya persembahkan kepada Victory News, khususnya Bapak Viktor Bungtilu Laiskodat dan Bapak Chris Mboeik sebagai pimpinan saya yang kebetulan sebentar lagi akan mengakhiri masa jabatan mereka sebagai Gubernur dan Wakil Ketua DPRD NTT, ” kata Kekson.

Kekson juga menyampaikan terimakasih kepada Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat yang telah bersedia untuk memberikan pengantar terhadap buku setebal  168 halaman itu.

“Terimakasih kepada Pak Chris Mboeik dan Pak Sekda NTT Kosmas Lana yang telah bersedia meluncurkan buku saya pada 26 Mei lalu. Saya ucapkan terimakasih juga untuk Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT bersama Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTT yang sudah mendukung acara peluncuran buku saya, ” pungkasnya.

Ia menambahkan, buku Inspirasi di Balik Berita mengulas tentang kehidupan sejumlah tokoh publik yang memulai karier dari nol hingga meraih kesuksesan.

Sam dan Kekson berharap karya mereka menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi masyarakat NTT khususnya generasi muda untuk terus berkarya dan terlibat aktif dalam pembangunan SDM di NTT melalui keahlian masing-masing.***

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

No More Posts Available.

No more pages to load.