101 KPM Desa Ri’it Terima BLT DD

oleh -29 Dilihat

Maumere,HRC- Sebanyak 101 KPM Desa Ri’it menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) periode Januari sampai Maret 2022.

PJ Kepala Desa Ri’it Yohanes Nurak menyerahkan secara simbolis BLT DD di Kantor Desa Ri’it Kecamatan Nita Kabupaten Sikka pada Jumat (13/5).

Yohanes Nurak menghimbau kepada masyarakat penerima manfaat agar mampu menyeimbangkan antara hak dan kewajiban.

“Kita sebagai masyarakat, selain menerima hak, kita juga mesti menjalankan kewajiban kita sebagai warga negara. Diantaranya, ikut ambil bagian dalam kerja bakti, atau membayar pajak. Pajak yang kita bayar juga, peruntukannya untuk masyarakat juga” tegas Yohanes.

Total Dana yang diberikan kepada 101 KPM sebesar Rp90.900.000. Dana tersebut diperuntukan untuk periode bulan Januari sampai dengan Maret 2022.

Marsel Vatisan Siga Koordinator Kecamatan Nita dihadapan warga penerima bantuan beliau menyampaikan meskipun terlambat, tetapi BLT ini akhirnya dibagikan untuk masyarakat penerima manfaat.

“Kita berikan apresiasi bagi perangkat desa yang dengan keterbatasan, akhirnya merealisasikan pembagian BLT DD bulan januari sampai dengan Maret pada hari ini”, ujar Marsel.

Lebih lanjut, Marsel menambahkan bahwa dengan pembagian BLT DD ini serapan anggaran Dana Desa memberikan dampak nyata bagi pemulihan ekonomi di masyarakat.

Pantauan HRC, begitu antusiasnya masyarakat desa berbondong bondong ke kantor desa, memenuhi aula kantor desa, dan sebagian rela antre di halaman kantor desa Riit untuk menunggu giliran menerima bantuan tersebut.

Sementara itu Ketua BPD Desa Riit, Avelinda Neang, dalam sambutan awal sebelum penyerahan BLT mengingatkan kepada masyarakat untuk memanfaatkan BLT DD untuk pemenuhan kebutuhan sembako atau untuk kegiatan ekonomi produktif di desa.

“Selain untuk beli sembako, uang 900.000 bisa dimanfaatkan juga untuk beli pupuk atau bibit untuk pertanian,” ujar Avelinda.

Lanjut Avelinda bahwa penentuan 101 KPM BLT DD ini melalui Musyawarah Desa, validasi yang dipimpin mantan Ketua BPD dengan melibatkan para pemangku kepentingan di desa, Kepala Dusun, RT, RW dan tokoh masyarakat.

Salah seorang warga dusun Belat, RT 09, RW 10, desa Riit, Laurensius Jawa mengaku bahagia, dan terima kasih kepada Presiden dan Kementerian Desa yang mengalokasikan dana desa untuk BLT DD.

Dirinya mengaku memanfaatkan dana tersebut untuk pemenuhan kebutuhan sembako bagi keluarganya.

Data yang dihimpun oleh HRC, alokasi Dana Desa untuk BLT DD TA anggaran 2022 di desa Riit sebesar Rp 363. 600.000 atau 40 persen dari Pagu DD TA 2022.

( Icha)*

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

No More Posts Available.

No more pages to load.