396 Calon PKD Jalani Tes Wawancara Serentak

oleh -45 Dilihat

Humas Bawaslu Lembata- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Lembata- Pokja Pembentukan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan/Desa (PKD) 9 Kecamatan secara serentak melaksanakan Tes Wawancara bagi 396 Calon PKD.

Ketua Panwaslu Kecamatan Omesuri, Rahmat Anwar dalam keterangannya kepada Humas Bawaslu Lembata mengatakan bahwa pihaknya telah melaksanakan seluruh tahapan tes sesuai prosedur.

Rahmat berharap dalam pelaksanaan Tes Wawancara yang sedianya akan dilaksanakan selama 3 hari bisa menghasilkan Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) sesuai harapan.

“ Semoga dalam pelaksanaan tes wawancara ini bisa menghasilkan PKD yang berintegritas, bersedia bekerja penuh waktu, bebas dari kepentingan politik dan mencegah pelanggaran Pemilu yang terjadi di Desa” harap Rahmat.

Situasi wawancara

Sementara itu Anggota Panwaslu Kecamatan Omesuri Tarsisius Wayan dalam laporannya menyampaikan bahwa Pelamar yang lulus seleksi administrasi di Kecamatan Omesuri berjumlah 63 orang yang berasal dari 22 Desa.

Tarisius juga menyampaikan beberapa point penilaian yang menjadi acuan yaitu Calon PKD harus mengetahui visi dan misi Bawaslu, Penguasaan integritas dan netralitas, komitmen, dan pengetahuan lokal.

Tarsisus menambahkan terkait perangkat desa yang melamar akan membuat surat pengunduran diri apabila lulus menjadi PKD.
Amrunur Muh Darwan Ketua Panwaslu Kecamatan Buyasuri dalam keterangannya kepada Humas Bawaslu Lembata melalui telpon celular menyampaikan bahwa melalui proses wawancara ini dapat mengukur kompetensi kepemiluan,motivasi juga komitmen bagi peserta calon PKD.

Amrunur menjelaskan bahwa dari hasil seleksi perekrutan Calon PKD di kecamatan Buyasuri sebanyak 53 pelamar dari 20 Desa yang lulus seleksi admnistrasi dan mengikuti wawancara.
Bernadete Bunga salah satu peserta dari Kecamatan Omesuri,Desa Mahal usai diwawancarai, dimintai tanggapan oleh Humas Bawaslu Lembata atas keikutsertaan dalam proses seleksi mengaku bersyukur mengikuti seleksi PKD.

Menurutnya dengan seleksi ini Bernadete bisa mengenal tentang Pemilihan Umum. Bernadete optimis menjadi pengawas Pemilu yang bisa bekerja profesional, mampu mencegah money politik dan mampu bekerja dengan semua elemen di Desa Mahal.

Kepala Sekretariat Kecamatan Omesuri Ibrahim Tobi bersama staf teknis dan staf pendukung memfasilitasi pelaksanaan Tes Wawancara bagi Calon PKD.

Ibrahim berharap agar seluruh kegiatan dapat berjalan lancar tanpa ada hambatan.
Penulis : Indah Purnama Dewi. Publikasi HRC

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

No More Posts Available.

No more pages to load.