Kunjungi Diskominfo NTT, Gubernur VBL Minta Penguatan Kapasitas Pelayanan Informasi Publik

oleh -24 Dilihat

Kupang,HRC- Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) pada Senin 27 Februari 2023 berkesempatan mengunjungi Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi NTT. Dalam kunjungan tersebut Gubernur VBL disambut Kepala Diskominfo Provinsi NTT Abraham Maulaka bersama jajarannya. Turut mendampingi Gubernur VBL diantaranya Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTT Henderina Laiskodat, Kepala Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setda Provinsi NTT Lery Rupidara, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi NTT Prisila Q. Parera, Plt. Kepala Biro Umum Setda Provinsi NTT Erik Mella, Staf Khusus Gubernur Bidang Kerjasama dan Hubungan Antar Lembaga Anwar Pua Geno, dan Staf Khusus Gubernur Bidang Pemerintahan dan Birokrasi David Pandie. Tampak Gubernur NTT, Dr. Viktor Bungtilu Laiskodat, SH, M. Si Berdialog dengan Kadis dan staf Dinas Kominfo NTT. (Istimewa).

Pada kunjungannya, Gubernur VBL meninjau Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, Bidang Persandian dan Pengamanan, Bidang Infrastuktur Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan Bidang Layanan E-Government. Gubernur juga memantau sarana dan prasarana pendukung diantaranya Ruang kerja Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) NTT, Ruang Pelayanan Informasi Publik, Ruang Perpustakaan, Ruang Network Operation Center, Ruang Pengembangan Aplikasi, Ruang Perlengkapan, Ruang Tunggu Tamu Dinas dan Ruang Komisi Informasi.

Kemudian, Gubernur VBL juga bersama Kepala Dinas Kominfo bersama jajarannya melaksanakan rapat bersama di ruang aula Diskominfo NTT. Dalam arahannya, Gubernur meminta agar Diskominfo NTT dapat meningkatkan kapasitas pelayanan penyebarluasan dan akses informasi kepada masyarakat terkait dengan perkembangan pembangunan dan juga mendukung percepatan ekonomi melalui pembuatan beragam aplikasi.

“Sejauh ini saya memberikan apresiasi kepada Kepala Diskominfo NTT dan jajarannya telah memberikan sumbangan kinerja bagi Pemerintah Provinsi NTT terkhususnya dalam pembangunan pada bidang komunikasi dan informatika. Saya harapkan kedepan Dinas Kominfo dapat mengembangkan aplikasi yang mampu memberikan informasi valid dan update kepada publik untuk juga mendukung pertumbuhan ekonomi terkait potensi yang dimiliki Provinsi NTT,” ujar Gubernur.

““Dinas Kominfo mempunyai power sebagai sumber informasi. Saya harapkan Dinas Kominfo mampu memberikan pemikiran-pemikiran baru dan perencanaan pembangunan untuk menciptakan kemajuan bagi Provinsi NTT. Perlu dilakukan kolaborasi bersama berbagai pihak sehingga bisa menciptakan aplikasi-aplikasi baru yang mampu memberikan informasi kepada masyarakat terkait produk kebutuhan rumah tangga ataupun ketersediaan sembako, dengan data akurat dan up to date terkait harga, pihak penjual dan distributor sehingga mudah diakses dan membantu daya beli masyarakat,” ujar beliau.

Ia menjelaskan, perkembangan teknologi informasi saat ini sangat dibutuhkan oleh pihak manapun sehingga dibutuhkan kreatifitas dalam menciptakan aplikasi yang mudah diakses dan memudahkan aktivitas atau pemenuhan kebutuhan informasi bagi manusia.

“Saya juga ingin aplikasi itu dibuat untuk membantu kolaborasi dengan Dinas Peternakan, Pertanian, Perikanan, Pariwisata dan juga informasi mengenai data base UMKM yang ada di NTT. Jadi semuanya terkoneksi dengan baik,” tambahnya.

“Lewat aplikasi itu juga kita bisa bantu membangun jaringan pasar dengan kelompok produsen atau penjual yang ada dipasar yang menjual produk-produk pertanian seperti sayuran, produk peternakan seperti daging sapi ataupun produk perikanan dengan hasil ikan. Jadi masyarakat bisa akses aplikasi dan bisa membeli lewat online juga. Untuk jasa angkut dan pengantar barang (produk) kita bisa kerjasama dengan gojek ataupun pihak lainnya,” ujar Gubernur.

“Dengan demikian kita sudah membentuk suatu loncatan pelayanan informasi publik saat ini. Kita kerjakan sesuai kebutuhan informasi bagi publik, bukan saja untuk kebutuhan birokrasi. Jadi kita mampu menjalankan fungsi penguatan pelayanan informasi untuk kemajuan ekonomi kita. Inilah yang kita sebut sebagai siapa yang memiliki dan mengendalikan informasi maka dialah pemenangnya ataupun juga pihak yang memegang kendali informasi adalah pihak yang memenangkan kemajuan peradaban,” kata Gubernur.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kominfo Provinsi NTT Abraham Maulaka memberikan apresiasi kepada Gubernur yang berkunjung dan memberikan arahan untuk kemajuan pelayanan di Dinas Kominfo NTT. “Terima kasih kepada Bapak Gubernur yang sudah melakukan kunjungan ke Kantor Diskominfo NTT. Terima kasih juga atas berbagai arahan terkait penguatan kapasitas pelayanan informasi publik mengenai pengembangan aplikasi untuk membantu masyarakat mengakses informasi,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kominfo NTT juga menyerahkan langsung Memori Jabatan Kepada Gubernur NTT terkait dengan status beliau yang memasuki masa pensiun sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Demikian siaran pers ini dibuat untuk dipublikasikan. Video selengkapnya dapat diakses melalui channel youtube Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi NTT.(Biro AP) **

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

No More Posts Available.

No more pages to load.