Pelantikan Danlanal Maumere Kolonel Laut (P) Ady Dharmawan,S.IP.,P.S.C.

oleh -24 Dilihat

Kupang,HRC- Kolonel Laut (P) Ady  Dharmawan, S.IP.,P.S.C. resmi menjabat sebagai Komandan Angkatan Laut (Danlanal) Maumere menggantikan Kolonel Laut (P) Dwi Yoga Pariyadi, M.Tr.Hanla., MM.

Pergantian tampuk pimpinan orang nomor satu di Lanal Maumere ini ditandai dengan Serah terima Jabatan (Sertijab) yang dilaksanakan di Mako Lanal Maumere dipimpin langsung oleh Komandan Pangkalan Utama (Danlantamal) VII Kupang, Laksamana Pertama TNI Yudo Warsono, Jumat (23/09/2022).

Dalam amanatnya, Laksamana Pertama TNI Yudo Warsono menyampaikan, Serah terima jabatan merupakan Realisasi dari Regenerasi Kepemimpinan di Lingkungan Angkatan Laut yang memiliki nilai dan arti strategis.

Menurut Yudo, hal ini berkaitan erat dengan dinamika proses pembinaan organisasi maupun pembinaan personel yang diharapkan mampu memberikan semangat serta penyegaran pemikiran, melalui ide dan gagasan baru yang lebih inovatif serta kreatif untuk peningkatan kinerja Organisasi.

Lebih lanjut dalam amanatnya tersebut Danlantamal menjelaskan bahwa, Pangkalan TNI AL Maumere adalah Satuan Pelaksana yang mempunyai tugas pokok untuk menyelenggarakan dukungan logistik dan administrasi bagi unsur-unsur Komando Armada II dan unsur-unsur TNI AL Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut, menyelenggarakan operasi keamanan laut terbatas serta tugas-tugas lainnya.

Dalam rangka pelaksanaan tugas tersebut lanjut Yudo Warsono menuturkan Komamdan Lanal Maumere melaksanakan fungsi-fungsi yakni, menyusun dan melaksanakan Rencana dan Program Pembinaan kemampuan Lanal beserta sarana dan prasarana pendukungnya.

Selanjutnya, menyediakan fasilitas labuh dan pemangkalan bagi Satuan Tugas KRI dan Marinir; Melaksanakan pembekalan umum, bekal teknik dan bekal khusus kepada Satuan Tugas KRI, tandas Danlantamal.

Tugas selanjutnya kata Yudo menambahkan, melaksanakan perawatan personel dan memberikan bantuan hukum kepada Satuan Tugas KRI; Melaksanakan operasi keamanan laut terbatas;

Kemudian melaksanakan koordinasi dan pengaturan pertahanan pangkalan serta membantu proses penyelesaian perkara pelanggaran di laut serta menyelenggarakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut, pungkas Yudo Warsono.

Oleh karena itu lanjut Danlantamal VII ini meminta kepada Perwira yang dipercaya untuk mengemban tugas sebagai Komandan Pangkalan mutlak dituntut untuk mampu berperan secara optimal dan terus berupaya melakukan langkah-langkah kreatif dan inovatif dalam menghadapi tantangan tugas.

Kata Danlantamal VII Kupang, banyak celah di perairan Flores, Lembata dan Alor, dari Utara dengan Pulau Sulawesi, dari Barat yaitu Sumbawa dan dari Timur dengan RDTL (Rebublik Demokrat Timor Leste) yang memungkinkan menjadi jalur Imigran gelap dengan tujuan Australia, penyelundupan barang pengeboman ikan dengan bahan peledak dan kecelakaan laut.

Untuk itu Yudo Warsono mengingatkan untuk melaksanakan antisipasi dini serta koordinasi yang baik antar instansi terkait serta laksanakan fungsi pembinaan dengan mengedapankan langkah persuasif.

Laksanakan pengawasan yang optimal dengan menjadikan Pos TNI AL sebagai mata dan telinga bagi pelaksanaan tugas operasi keamanan laut yang dilaksanakan oleh unsur KRI maupun KAL, imbuhnya.

Dalam amanatnya, Danlantamal VII Kupang mengakui kinerja Danlanal Maumere, Kolonel Dwi Yoga Pariyadi yang telah melakukan banyak perubahan sembari menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas pengabdiannya selama menjadi Danlanal Maumere.

“Secara objekfif harus kita akui bahwa upaya untuk lebih meningkatkan kinerja Lanal Maumere telah banyak dilakukan dan menghasilkan peningkatan yang positif. Untuk itu saya atas nama Pemimpin TNI AL dan sekaligus atas nama pribadi mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Kolonel Laut (P) Dwi Yoga Pariyadi atas dedikasi dan loyalitas serta pengabdian selama menjabat sebagai Komandan Lanal Maumere,” ungkap Yudo Warsono.

Selain kepada Kolonel Yoga, penghargaan dan terimakasih yang sama juga disampaikan Danlantamal VII kepada Ibu Eka Magdalina Yoga atas pengabdian dan kesetiaanya sebagai isteri dalam mendampingi serta mendukung Danlanal selama penugasan di Lanal Maumere.

Pantauan HRC hadir dalam upacara Sertijab ini, Bupati dan Wakil Bupati Sikka, Forkopimda Sikka, Ketua Pengadilan Negeri Maumere, Kepala Rutan Maumere, General.Manager PT Pelindo Regional 3 Cabang Maumere, Kepala Basarnas Maumere, serta tamu undangan lainnya.

(Icha)***

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

No More Posts Available.

No more pages to load.