Putera Sumba Jadi Orang No.1 ASN NTT; Putera-Putera Terbaik Sumba Angkat Suara

oleh -45 Dilihat

Kupang,HRC- Langkah bijaksana dan strategis yang dilakukan Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT),Dr.Viktor Bungtilu Laiskodat,SH,M.Si mengangkat dan melantik Domu Warandoy,SH,M.Si sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Prov.NTT pada Rabu,13 juli 2022 merupakan satu kehormatan dan kebanggaan bagi masyarakat Sumba pada umumnya.

Terkait dengan peristiwa pelantikan ini,beberapa Putera terbaik Sumba angkat bicara;
Drs.Khristofel Praing,M.Si yang adalah Bupati Sumba Timur (2021-2024) kepada media ini mengatakan terpilih dan dilantiknya Domu Warandoy sebagai Sekda Provinsi NTT perlu dilihat dari sudut pandang kelayakan dan kepantasan dimana Domu Warandoy yang adalah seorang ASN meniti kariernya dari bawah hingga mencapai puncak jabatan tertinggi seorang ASN.

“Saya mau katakan bahwa terlepas dari Bapak Gubernur memilih dan melantik putera Sumba jadi Sekda NTT hal ini dikarenakan kemampuan Domu Warandoy yang sangat teruji sebagai seorang ASN.Domu Warandoy meniti kariernya dari bawah hingga menduduki jabatan strategis sebagai Sekda di NTT” Jelas Umbu Praing.

Sementara menjawab media ini terkait posisi jabatan Sekda Kabupaten Sumba Timur paska beralihnya Domu Warandoy sebagai Sekda NTT tidak lain Umbu Praing mengatakan untuk saat ini telah ada pejabat pelaksana tugas (Plt) yang disiapkan mengisi jabatan Sekda Kabupaten Sumba Timur.

Bupati Sumba Timur, Drs.Khristofel Praing,M.Si,

“Untuk jabatan Sekda di Kabupaten Sumba Timur sejak adanya informasi bahwa Domu Warandoy akan ditarik ke Pemerintah Provinsi,saya telah menyiapkan penjabat dan tentunya dalam waktu yang tidak begitu lama akan juga dilantik sekda defenitiv bagi Kabupaten Sumba Timur” Ungkap Umbu Praing.

Prof.Dr.Frans Umbu Data sebagai akademisi, mantan Rektor UNDANA ini angkat bicara dari segi kehormatan orang Sumba. Sebagai orang sumba sudah pasti merasa bangga ketika menyaksikan sesama orang Sumba diberi jabatan menduduki jabatan publik yang strategis.

Prof.Dr.Frans Umbu Data, Mantan Rektor UNDANA

“ Saya sebagai orang Sumba sudah tentu bangga dengan sikap yang diambil pak gubernur NTT. Pak viktor mengangkat orang sumba jadi Sekda NTT merupakan sikap bijaksana dan mengangkat harkat orang sumba” Tandas Prof. Frans Umbu data.

Hal yang sama juga disampaikan salah satu Putera terbaik Sumba,Julius Bobo yang saat ini sedang mempersiapkan diri maju sebagai calon Wali Kota Kupang periode mendatang. Menurut Julius Bobo bahwa jabatan Sekda NTT adalah penentu kesuksesan seorang gubernur dalam menjembatani seluruh komunikasi politik antara Lembaga Eksekutif dan Legislatif dan tentunya figure sekda ini harus memiliki kapasitas dan kapabilitas yang teruji.

 Calon wali kota Kupang,Julius Bobo

“ Bangga juga putera sumba diangkat menjadi Sekda Provinsi NTT,sudah tentu sikap bijaksana seorang gubernur Viktor mengangkat Domu Warandoy sebagai sekda dilatarbelakangi dengan beberapa pertimbangan yang matang” Ungkap Julius.

Lebih lanjut Julius mengatakan Putera-Puteri sumba memiliki potensi yang sama seperti putera/puteri di daerah lain namun yang saat ini diperjuangkan adalah waktu dan kesempatan. “Kita punya kemampuan namun apakah kita diberi kesempatan?” Tanya Julius.

Sementara itu Putera terbaik Sumba Pengusaha Sukses,Melkianus Lubalu juga angkat suara bahwa profisiat atas pelantikan Putera Sumba menduduki jabatan Sekda Provinsi NTT. “Profisiat atas dilantiknya Pak Domu Warandoy sebagai Sekda NTT.Terimakasih kepada gubernur NTT bapak Viktor yang telah memilih orang sumba menjadi Sekda untuk provinsi ini” Ungkap direktur utama PT.Bumi Indah ini.

Melkianus Lubalu

Lebih lanjut Melkianus Lubalu mengatakan jabatan sekda merupakan jabatan tertinggi dalam struktur birokrasi ASN dan jabatan ini sangat menentukan maju-mundurnya suatu daerah bagaimana pembinaan terhadap kinerja pelayanan ASN,ethos kerja ASN dan juga bagaimana disiplin ASN menjadi tanggungjawab penuh dari tugas seorang Sekda.

“ Pak Domu Warandoy layak dan pantas menduduki jabatan sekda untuk provinsi ini.Tentunya prestasi dan kemampuan yang sudah dimiliki selama ini menjadi satu penilaian tersendiri dalam menduduki jabatan sekda” Jelas Melkianus Lubalu. (Frengco)***

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

No More Posts Available.

No more pages to load.