Songsong Peringatan Puncak Kegiatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional 2022 : BPBD Kabupaten Lembata Gelar Sosialisasi Kebencanaan

oleh -83 Dilihat

Lewoleba,HRC-  Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lembata bekerjasama dengan Forum Pengurangan Risiko Bencana (PRB) menggelar sosialisasi kebencanaan kepada PNS, Kelompok/Komunitas dan aparatur pemerintah tingkat bawa Kelurahan Lewoleba Timur, Kecamatan Nubatukan, Kabupaten Lembata, Jumad, 22 April 2022.

Lokus kegiatan di Kantor BPBD Kabupaten Lembata, sekaligus Pembukaan seluruh rangkaian kegiatan HKBN 2022 Kabupaten Lembata, Sekertaris BPBD Lembata, Stefanus Hede Wadu, S.Sos. yang membuka kegiatan menyampaikan bahwa pentingnya kolaborasi multi pihak multi sektor dalam Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana. Keluarga Tangguh Bencana (KATANA) menjadi Program BNPB dan BPBD secara nasional, secara masif diusahakan agar sampai ke komunitas terkecil yaitu Keluarga agar Tangguh Bencana.

“Keluarga yang Tangguh Bencana, adalah Pelopor Kesiapsiagaan Bangsa menghadapai bencana”, demikian lanjut Pa Hans Wadu, Sekertaris BPBD biasa dipanggil. “Apabila semua Keluarga sudah tangguh bencana, maka kita akan mencapai capaian daerah yaitu Zero Korban Bencana, lanjutnya lagi.

Sementara Lokus kegiatan yang Aula Kelurahan Lewoleba Timur, hadir pada kesempatan itu Lurah Lewoleba Timur, para ketua RT, para ketua RW dan Tim Siaga Bencana Keluaran Lewoleba Timur.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Lembata Gregorius Solang Demon ST, MM dihadapan peserta sosialisi mengatakan Kubupaten Lembata memiliki kondisi geografis, geologis, hidrologis, demografis  serta sosial yang memungkinkan terjadinya bencana karena fator alam, non alam maupun faktor manusia. Bencana menurutnya selalu menyebabkan terjadinya korban jiwa, kerusakan harta benda serta dampak psikologis.

Situasi seperti itu, menurut Gregorius dapat menghambat pembangunan di daerah.

“Dan Kabupaten Lembata termasuk salah satu kabupaten yang rawan terhadap ancaman Gempa Bumi dan Tsunami,” Tegas putra Atadei ini.

Kondisi kebencanaan yang sering menimpah Kabupaten Lembata mendorong pihak BPBD melaksanakan kegiatan antisipatif melalui sosialiasi kepada sejumlah stakholder yang mampu menjadi bagian siaga bencana.

Sementara menurut Lurah Lewoleba, Antonius R.F. Aikoli, S.Ip yang membuka kegiatan Pelatihan KATANA di Kelurahan sosialisasi ini dipandang perlu agar masing masing aparatur pemerintah tingkat bawah memiliki kesiapsiagaan yang baik apabila terjadi kedaruratan bencana.

“Pengetahuan tentang kebencanaan menjadi hal yang musti dimiliki para ketua RT, RW dan aparatur lainnya,” tutur Antonius.

Lurah Antonius mengatakan keterlibatan aktif masyarakat dalam melakukan upaya persuasif secara dini menjadi materi yang bakal disajikan dalam diskusi tentang kebencanaan.

“Bahwa bencana alam, air laut naik, gempa bumi, Tsunami, banjir bandang dan bencana lainnya tak pernah kita tahu kapan datangnya. Sangatlah penting bagi kita untuk mengetahui secara dini soal bencana dan upaya penyelamatan ketika bencana berlangsung,” tegasnya.

Lurah Lewoleba Timur saat memberikan sambutan ketika membuka kegiatan sosialisasi itu menyampaikan terima kasih kepada Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lembata yang menginisiasi kegiatan dan memilih lokus kegiatan di kelurahan Lewoleba Timur.
Menurut Lurah Lewoleba Timur inti dari kegiatan adalah ingin membagikan informasi dan materi terkait dengan bencana dan langkah langkah yng perlu dilakukan bersama termasuk
langkah antisipasi dan eksekusi.
Lurah mengharapkan agar para pengurus RT, RW terkapasitas betul setelah mengikuti kegiatan sosialisasi ini.

Sosialisasi yang dilaksanakan di BPBD dan Kelurahan Lewoleba Timur merupakan pintu awal dari “Tourne” Kantor BPBD Lembata yang diawali sejak hari Kamis 21 April 2022 di RT.036 Kelurahan Lewoleba Timur, termasuk juga sosialisasi dan atau pelatihan KATANA yang melibatkan 54 orang Kepala keluarga, dilanjutkan dengan Sosialisasi dan atau Pelatihan KATANA lanjutan dirumah-rumah Warga.

Sementara itu secara berturut-turut turut Kantor BPBD Lembata sesuai scedule kegiatan akan melaksanakan sosialisasi kepada 20 rumah dalam kota Lewoleba, tgl 23-24 April 2022, tanggal tgl 24-25 April 2022.

Persiapan Simulasi KATANA, Selasa,tgl 26 April 2022 simulasi KATANA di RT.036 Kelurahan Lewoleba Timur. (@ lgrod)

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

No More Posts Available.

No more pages to load.