Warung Lesehan Penghasilan Luar Biasa : Pajak Nol Rupiah 

oleh -49 Dilihat
Tampak Pengunjung warung lesehan sedang menikmati hidangan warung lesehan di malam hari.

Kupang,HRC- Berkembang dan majunya suatu daerah ditentukan juga oleh pendapatan asli daerah (PAD) atau tingginya penerimaan pajak dan penerimaan lain yang diatur sesuai peraturan yang berlaku.

Semakin besar  pendapatan daerah  tersebut makin pula Nampak kemajuan daerah itu. Dari sisi kemakmura  dan kesejahteraan rakyat pun semakin terukur.

Kota Kupang merupakan salah satu kota  jasa di NTT untuk itu tentunya sumber pendapatan daerah didominasi dari sektor jasa.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Kupang,dr.Ari Wijana.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Kupang,dr. Ari Wijana ditemui media ini di ruang kerjanya belum lama ini mengatakan tahun 2021 khusus untuk Bapenda Kota Kupang ditargetkan pendapatan sebesar 197 Milyar namun situasi pandemic covid-19 dapat menghambat tidak terjadinya capaian.

Selain itu menjawab media ini terkait situasi ekonomi kota Kupang dimana perputaran roda ekonomi semakin laju di bidang jasa tentunya disiapkan regulasi khusus untuk mengatur tentang penerimaan daerah.

“Kota Kupang adalah ibu kota Provinsi  NTT dan jasa merupakan barometer dalam mendobrak pendapatan daerah Kota Kupang. Untuk itu titik-titik yang menjadi objek pajak menjadi perhatian serius pemerintah Kota”tutur dr. Ari.

Ari pun menjelaskan bahwa ada fenomena kegiatan ekonomi dimana keuntungan  dari penghasilan sangat  besar namun kelompok ini tidak tergolong dalam objek pajak. “Warung lesehan penghasilannnya  sangat menjanjikan namun kelompok pengusaha ini tidak masuk dalam objek pajak untuk itu saya telah menyampaikan ini di forum kepada lurah-lurah untuk mengatur ini sebagai penghasilan pendapatan kelurahan”jelas dr. Ari.

Pantauan media  ini di beberapa lokasi warung lesehan di kota Kupang di malam hari dimana ada warung lesehan yang meraup keuntungan mencapai 10 juta per malam. Tentunya penghasilan ini sangat signifikan namun terkait peningkatan PAD sudah pasti mengalami Nol rupiah karena jenis usaha ini tidak masuk  dalam kategori objek pajak. (Frengco/Eshy)*.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

No More Posts Available.

No more pages to load.