Embung Solusi Atasi Ketersediaan Air Baku : Bidang Cipta Karya Kelola Rp.75 Milyar

oleh -50 Dilihat
Kepala Dinas PUPR Prov. NTT, Ir. Maksi Y.E Nenabu, MT

Kupang,HRC- Pembangunan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (Pem Prov.NTT) dibawah Kepemimpinan Gubernur Victor Bungtilu Laiskodat dan Wakil gubernur Joseph Andreas Naisoi  semakin menggeliat dimana bukan hanya fokus pada infrakstrktur jalan namun juga pembangunan di bidang penyediaan air baku.

Kepala Dinas Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Nusa Tenggara Timur (Prov.NTT),Ir.Maksi Y.E Nenabu,MT ditemui media ini diruang kerjanya Kamis, (4/3/2021) mengatakan untuk  anggaran tahun 2021 khusus untuk Bidang Cipta Karya dapat dialokasikan dana sebesar Rp.75.000.000.000 yang penggunaannya untuk pembangunan embung guna ketersediaan air baku.

“Selain Bidang Bina Marga yang menangani jalan, juga untuk bidang cipta karya dapat alokasi dana sebesar Rp.75 milyar yang pemanfaatannya untuk membangun embung yang menyebar untuk beberapa titik di seluruh Kabupaten/Kota di NTT” Jelas Nenabu.

Lebih lanjut Nenabu mengatakan setelah membangun jalan harus memperhatikan juga kebutuhan air bersih, untuk itu membangun embung adalah salah satu solusi dalam mengatasi atau menjawab tuntutan kebutuhan air baku di NTT. “ Setelah kita bangun jalan, kita juga harus perhatikan ketersediaan air baku sehingga tahun ini bidang cipta karya menangani paket pembangunan embung” Tambah Nenabu.

Menjawab media ini terkait bagaimana membangun relasi kerjasama antara dinas ini dengan lembaga vertikal yang menangani pembangunan air, tidak lain Nenabu mengatakan dalam membangun komunikasi dan koordinasi tentunya tetap dibangun namun sudah pasti kewenangan lembaga vertikal dibawa langsung otoritas Pemerintah Pusat sudah pasti menangani volume pekerjaan besar sedangkan untuk dinas tentunya pekerjaan yang dapat disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

“untuk relasi,komunikasi dan koordinasi tetap seperti biasa kita bangun namun sudah pasti untuk lembaga vertikal dibawa kewenangan pemerintah pusat tentunya proyek-proyek pembangunan besar yang ditangani sedangkan untuk kita di daerah akan disesuaikan dengan fiskal keuangan daerah” Tandas Nenabu. (frondes)

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

No More Posts Available.

No more pages to load.