Ilmu Dan Kharakter Berimbang : SMP Katolik Adisucipto Penfui Jadi Rebutan

oleh -44 Dilihat

Kupang,HRC- Pendidikan Kharakter sangat berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan kehidupan seorang siswa kedepan. Bahkan Kharakterlah yang dapat menghantar seseorang memasuki kehidupan yang lebih baik.
Ilmu dan Kharakter boleh dikatakan bahagian integral yang tidak terpisahkan satu dengan yang lain dan apabila dua dimensi ini dihayati dan dijalani secara prima dalam kehidupan setiap pendidik dan peserta didik maka sudah pasti mutu pendidikan di negeri ini juga patut diperhitungkan di mata dunia khususnya dalam pandangan negara- negara maju.

Sekolah Menengah Pertama Katolik (SMPK) Adisucipto Penfui Kota Kupang merupakan salah satu SMP diantara 60 unit SMP di Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur (Prov.NTT). Sekolah
dibawah naungan Yayasan Pendidikan Swasti sari Kupang ini sungguh menunjukkan prestasi baik dibidang akademik maupun di bidang bakat dan kemampuan penunjang pendidikan lainnya.

Kepala SMPK Adisucipto Penfui Kota Kupang, Romo Jonas Kamlasi, S. Fil,MM

Kepala SMPK Adisucipto Penfui Kota Kupang, Romo Jonas Kamlasi, S. Fil,MM ditemui media Independen Hak Rakyat di ruang kerja nya, Senin (6/6/2022) mengatakan ketika dirinya dilantik sebagai Kepsek pada sekolah tersebut terdapat sebuah komitmen besar untuk memajukan sekolah itu, dan komitmen itu terwujud dengan banyak perubahan kemajuan yang dialami oleh SMPK Adisucipto Penfui Kupang.

“ Ketika saya dilantik sebagai kepala sekolah pada tahun 2013, saya bangun satu komitmen untuk memajukan sekolah ini. Dan hal ini terwujud dimana awal saya masuk sekolah jumlah seluruh siswa hanya terdapat seratus lebih siswa namun ketika memasuki tahun kedua saya disini, jumlah siswa membludak. Akhirnya kita harus menolak siswa. Kita membatasi penerimaan siswa setiap tahun hanya 128 siswa yang terbagi pada empat rombongan belajar “ Ungkap Romo Jonas.

Menjawab media ini terkait strategi pembangunan pendidikan yang dibangun oleh Romo Jonas Kamlasi dalam memajukan sekolahnya, pemimpin redaksi Media Independent Hak Rakyat bung, Frengco Corbafo ketika berdialog dengan Romo Jonas Kamlasi mengatakan terdapat tiga hal yang dibangun yakni KOMUNIKASI, DISIPLIN dan PENGEMBANGAN BAKAT DAN MINAT siswa. Tiga hal inilah yang menjadi prinsip dalam memajukan mutu pendidikan pada SMP Katolik Adisucipto Penfui.

Pemimpin Redaksi Media Independent Hak Rakyat, BungFrengco Corbafo ketika berdialog dengan Romo Jonas Kamlasi.

Komunikasi yang efektif secara internal maupun eksternal sekolah. Disiplin ditegakkan di antara guru dan siswa, lalu ada ruang panggung untuk bakat dan minat siswa mengaktualisasikan diri. Tiga hal ini yang selama ini menjadi acuan saya dalam memimpin sekolah ini’ Jelas Romo Jonas Putera asli TTS ini.
Romo Jonas menambahkan bahwa melalui tiga hal sederhana yang dibangun ini dapat membawa
perubahan kemajuan signifikan bagi sekolah tersebut. Salah satunya yang menjadi contoh konkret yakni setiap tahun banyak orang tua berebutan menitipkan putra- putrinya di sekolah ini. Dan khusus untuk tahun ajaran baru 2022/2023 sekolah ini hampir memenuhi kuota penerimaan siswa baru.

“Khusus untuk tahun ajaran baru 2022/2023 sekolah kita hampir menutup pendaftaran, Karena kuotanya hampir penuh. Jadi sekolah lain belum buka pendaftaran,kita disini sudah hampir menutup” Tutur Romo Jonas. ( Team) ***

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

No More Posts Available.

No more pages to load.