Jawab Kisruh Masyarakat Malaka Terkait Dana Stimulasi Bencana Seroja : Kepala Badan Penanggulangan Bencana Malaka Bersuara

oleh -258 Dilihat

Malaka,HRC-  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malaka hingga saat ini masih terus melakukan verifikasi dan validasi oleh tim teknis terhadap masyarakat penerima bantuan dana stimulan bencana Seroja 3- 5 April 2021.

Pemerintah Kabupaten Malaka melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Malaka memastikan pada tahun 2022 ini sudah dapat terealisir. Saat ini masih koordinasi dengan BNPB terkait asistensi juknis dan gambarnya.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Malaka, Drs.Gabriel Seran,MM kepada media Independent Hak Rakyat di ruang kerjanya, Desa Besikama, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur, Kamis (2/6/2022).

Menurut Gabriel Dana stimulasi pemanfaatan bantuan Seroja kabupaten Malaka sudah masuk di rekening pemerintah pusat melalui kerjasama bank BRI terhitung sejak 31 Desember 2021 tetapi harus mengikuti tahap mekanisme.

” Setelah uang itu diterima kami bentuk Tim tekhnis, Pelaksana dan pendamping guna verifikasi dokument, sosialisasi, serta koordinasi pemerintah pusat untuk pembukaan rekening virtual account sebagai syarat menampung bantuan stimulasi rumah” Jelas Gabriel.

Gabriel menambahkan saat ini bantuan virtual account sudah ada di bank BRI cabang unit Betung dan bsok akan melakukan pembukaan atau launching untuk disimpan dalam virtual account.

Terkait proses tahap mekanisme yang dilakukan badan penanggulangan bencana untuk saat ini telah smpai tahap validasi yang berkaitan dengan dokument dan keadaan rill penerima bantuan baik rusak ringan, sedang maupun berat.

Pelaksanaan pemanfaatan bantuan berdasarkan hasil validasi berupa keputusan bupati, dan akan dilaksanakan berdasarkan metode kontraktual dan metode swakalola pelaksanaan konstruksi.

Gabriel mengaku, proses pembukaan rekening terhitung 25 Mei dengan 3200-an lebih yang terblokir, dan bisa disalurkan ke rekening penerima manfaat baik itu langsung penerima Manfaat ataupun orang ketiga baru disalurkan kepada masyarakat.

“Kami sudah berkomunikasi dengan pihak BRI untuk melakukan pembukaan dan pengisian rekening sejak 25 Mei kemarin sebesar 3.200-an lebih untuk penandatangan dokumen” Tutur Gabriel.

jika semua proses berjalan lancar, baik itu penyelesaian pembuatan rekening dan syarat administrasi lainnya, pihaknya menargetkan dana itu sudah bisa dilaksanakan awal Juni ini.

Gabriel mengharapkan agar ada kerjasama dari semua pihak untuk untuk bisa mengikuti arahan dari pemerintah pusat Bupati, wakil bupati maupun Setda. Sehingga terjadi kolaborasi yang baik dalam menunjang program ini. Tandas Gabriel. (Eky Luan)*

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

No More Posts Available.

No more pages to load.