Sebanyak 24 Peserta Didik SMP swasta Adhyaksa 2 Kota Kupang mengikuti Simulasi ANBK

oleh -42 Dilihat

Kupang,HRC- Siswa SMP Adhyaksa 2 Kota Kupang mengikuti Simulasi Assessment Nasional Berbasis Komputer (ANBK) secara mandiri. Simulasi ANBK ini dilakukan dengan sistem semi online yang menggunakan server lokal. Server tersambung ke internet (online), sementara client (peserta) hanya tersambung secara lokal ke komputer server yang sebelumnya sudah sinkron dengan server pusat.

Simulasi ANBK ini dilakukan selama dua hari. Untuk tingkat SMP simulasi dilaksanakan pada hari Selasa dan Rabu,(8-9/2022).

Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, Madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Kepala sekolah Menengah Pertama (SMP) swasta Adhyaksa 2 Kota Kupang provinsi Nusa Tenggara Timur (Prov.NTT), Reny Octavianus,S.Pd ditemui Media Independent Hak Rakyat di Ruang kerjanya Kamis,(8/8/2022) mengatakan kegiatan tersebut sebagai bentuk persiapan menjelang pelaksanaan ANBK Tingkat SMP pada bulan Oktober 2022.

Kepala SMP Swasta Adhyaksa 2 Kota Kupang provinsi Nusa Tenggara Timur (Prov.NTT), Reny Octavianus,S.Pd

“Kami mengajarkan siswa langkah-langkah dalam Proses masuk aplikasi baik itu cara Login, mengisi password dan masuk dalam tahap pengisian soal secara online sampai mengakhiri ujian. Hal ini juga secara langsung diawasi oleh para guru”Jelas Reny.

Asesmen Nasional bertujuan untuk pengembangan kompetensi dan karakter murid didik.

Reny juga menambahkan bahwa ANBK adalah Asesmen Nasional Berbasis Komputer yang merupakan pengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK. ANBK dicanangkan untuk meningkatkan hasil belajar murid. ANBK menghasilkan informasi untuk memantau pengembangan mutu pendidikan dari waktu ke waktu.
“Asesmen yang diukur dalam kegiatan ini adalah Literasi Membaca dan Literasi Numerasi, Survei Karakter, serta Survei Lingkungan Belajar,” Tambah Reny.

kepala sekolah SMP Adhyaksa 2 kota Kupang mengatakan bahwa Kegiatan Simulasi ANBK di sekolahnya berjalan lancar dan aman terkendali.

Sekolah ini berada pada zonasi nyaman belajar dimana situasi halaman sekolah yang asri menjadikan siswa betah belajar.

” Kami bersama Tim guru pendidik berusaha memberikan pelayanan prima bagi setiap peserta didik. Sebagai bentuk kepedulian kami. Di Sekolah ini setiap kelas dilengkapi dengan LCD serta CCTV guna mengawasi KBM” Tutur Reny.

Terkait harapan Reny dalam momentum HUT RI ke 77 mengatakan semangat kemerdekaan tetap di maknai bagi setiap pendidik maupun tenaga kependidikan.

” Mari dengan semangat HUT RI ke 77 membawa banyak perubahan bagi kita semua untuk lebih menjadi pribadi yang lebih baik” Harap Reny.

Perlu diketahui bahwa SMP 2 Adhyaksa Kupang merupakan sekolah Ramah Anak dan juga sebagai Sekolah Penggerak angkatan 3.

(Eshy)***

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

No More Posts Available.

No more pages to load.