SMPN 8 kota Kupang : Bangkitkan Literasi Sekolah Dan Ekspresikan Diri Siswa

oleh -52 Dilihat

Kupang,HRC- Menjelang HUT Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2022 mendatang, SMPN 8 Kota Kupang siap menggelar berbagai kegiatan di bidang literasi. Kegiatan tersebut digelar untuk menyemarakkan HUT RI sekaligus menghidupkan budaya literasi di lingkungan sekolah.

Demikian disampaikan Kepala SMPN 8 Kota Kupang, Dra. Maria Th.Rosalina S.Lana ketika ditemui media ini, Jumat (5/8/2022) di ruang kerjanya mengatakan sejauh ini gerakan literasi di SMPN 8 kota Kupang telah dilaksanakan sesuai dengan program yang di persiapkan sebelumnya.

” Ketika saya di percaya menjabat sekolah ini saya bersama Tim kerja langsung membentuk program Rencana kerja sekolah serta menata ulang visi dan misi sekolah yang kami sepakati yakni program ” Literasi ” digital media sosial. Ungkap Lana.

Terkait Pengembangan sekolah “Ramah Lingkungan” dirinya menerapkan program kantin ramah lingkungan dengan penyajian makanan menggunakan piring dan gelas agar anak-anak lebih mencintai lingkungan.

Kepsek SMPN 8 kota Kupang, Dra. Maria Th.Rosalina S.Lana.

” Kami membuat kesepakatan bersama pengelola kantin untuk penyajian makanan tidak lagi menggunakan bahan plastik tetapi harus menggunakan piring dan gelas. Dengan waktu istirahat selama 30 menit ” Ujar Lana.

Ia menjelaskan, dalam rangka menyongsong HUT RI tanggal 17 Agustus 2022 mendatang, peserta didik diberi kesempatan untuk mengisinya dengan kegiatan-kegiatan literasi sebagai wadah untuk meningkatkan kreativitas mereka.

” Kami melakukan berbagai kegiatan dalam memeriahkan HUT RI ke 77, yaitu program literasi menulis cerpen, puisi, ada juga fashion show, pembersihan antar kelas, serta tarik tambang” Jelas Lana.

Berkaitan dengan Pembelajaran Tatap Muka ( PTM) 100 persen telah dilaksanakan sejak 11 Juni. Sejauh ini Kegiatan belajar juga sudah berjalan dengan lancar . Tentu saja dengan Peraturan Kesehatan (Prokes) yang ketat.

” Sekolah kami telah mempersiapkan semua perangkat pelajaran dan revisi sudah sejak 11 Juni kemarin untuk kegiatan tatap muka ini” Tutur Lana.

Lebih lanjut Lana menuturkan terkait kesiapan kurikulum merdeka dengan memilih “Mandiri Berubah” sehingga dalam proses belajar mengajar para guru membuat modul ajar secara mandiri ataupun otodidak. Dan tentu saja berkolaborasi dengan bantuan sekolah dan komunitasnya penggerak lain (IKIPI).

” Melalui sosialisasi kepada orang tua siswa dan memaparkan tentang kurikulum merdeka, Kami punya Kost ( Kurikulum Operasional Sekolah.
Walaupun terbatas dengan buku sumber ajar serta dana kami tetap berusaha semaksimal mungkin dengan berkolaborasi dari sekolah lain. Dan secara kesiapan kami siap untuk tatap ajaran baru ini” Tegas Lana.

Ditanya tentang harapan Lana mengatakan dalam momentum merayakan HUT RI ke 77 kita bergerak bersama dengan membenahi diri dikarenakan pandemic Covid-19. Dengan semangat HUT ini memberikan semangat lebih untuk mengisi HUT RI.

” Mari kita semua terus membenahi diri untuk mengejar ketertinggalan seluruh aspek pelayanan pendidikan menjadi lebih baik” Harap Lana dengan penuh semangat.

Perlu diketahui SMPN 8 kota Kupang tahun ini mendapat jumlah peserta didik baru 352 siswa sehingga total secara keseluruhan berkisar 1.040-an siswa. Dengan minat bakat yaitu Olahraga catur gandeng alumni, futsal atlet, Drumband , mata pelajaran OSN (matametika, IPA dan IPS, menulis dan design Grafis (Lukis). (Eshy)***

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

No More Posts Available.

No more pages to load.